Shalat Sunah Hajat, Do'a dan tata caranya

Pengartian Sahalat Hajat
Sholat hajat adalah sholat sunnah sebanyak Dua rakaat sampai dengan 12 rakaat yang dikerjakan seminggu berturut-turut. ketika melaksanakan sholat hajat, alangkah baiknya kita merendahkan diri kita kepada Allah SWT, karena  allah Menyukai umatnya yang merendahkan dirinya di hadapan NYA.
Seseungguhnya orang yang merendahkan diri dihadapan Allah termasuk dalam golongan orang-orang yang shalatnya diterima oleh Allah. Shalat hajat jika dilakukan sebanyak 12 rakaat, setiap 2 rakaatnya diakhiri dengan salam. Melaksanan shalat hajat boleh dilaksanan pada siang hari atau pun malam hari .

Tetapi ulama menyarankan waktu yang paling tepat untuk melaksanakan sholat hajat adalah saat sepertiga malam yaitu antara pukul satu dini hari/pagi sampai dengan menjelang sholat shubuh tetapi jangan sampai melewatkan shalat tahajud ketika seudah/akan melaksanakan shalat hajat, waktu yang tidak disarankan untuk melaksanan shalat hajat setelah shalat fardhu ialah di waktu-waktu terlarang untuk melaksanakan shalat hajat ini.

Niat Shalat Sunah Hajat
"saya nita sholat hajat dua rakaat karena Allah ta’ala.”
أُصَلِّي سُنَّةَأُ الحَاجَةِ كْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعاَلَى

Setelah membaca surah al-fatihah disarankan membaca do’a nabi Yunus AS sebanyak 11x setiap setelah fathihah
Do’a nabi Yunus AS :
Artinya :Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk ke dalam golongan orang-orang dzolim.”
لَّا إِلَهَ إِلَّا أَنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Setelah shalat hajat biasanya disarankan untuk mengamalkan diantaranya.
1.      Membaca istigfhar sebanyak 100x
اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

2.      Membaca shalawat nabi sebanyak 100x
Artinya :” Ya Allah , berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ

3.      Membaca Do’a Shalat Hajat
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
Artinya:Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang”.

Lakukanlah shalat Hajat jika kita mengininkan sesuatu,jangan luapa shalat hajat biasanya di dahuli dengan shalat suhah taubat setelah itu lakukanlah shalat hajat, jika belum ada gambaran yang di berikan lewat mimpi teruslah shalat hajat sampai terkabul. Insyaallah
Demikian mengenai shalat hajat.

0 Comments