Mengatahui Apa itu kelas maya ? Dan seperti apa kegiatannya

Kelas maya ( virtual Class ) sebuah kelas pembelajaran yang diadakan tanpa adanya tatap muka antara pengajar dan penerima bahan ajarnya, jadi kelas maya pembelajaran melalui internet, dimana sipengajar menyediakan forum diskusi atau ruang untuk diskusi sama seperti kelas biasanya namun yang membedakan ialah dalam komunikasi antara kelas maya dan kelas biasa . karena jelas perbedaan kelas maya dan kelas biasa yaitu adanya pembatasan komunikasi karena jelas ada perbedaan komunikasi secara langsung dan tidak langsung.
Dalam kelas maya dapat diketahui perkembangan para penerima bahan ajar sehingga pengajar/guru bisa memantau proses kegiatan dalam jarak jauh, siswa bahkan orang tuawali bisa memantaunya. Dan inilah penjelasan berikutnya


Jenis-jenis Penglolaan Kelas Maya ( virtual class )
1. Learning Management System
LMS atau yang lebih dikenal dengan Learning Management System adalah suatu perangkat lunak atau software untuk keperluan administrasi, dokumentasi, laporan sebuah kegiatan, kegiatan belajar mengajar, kegiatan secara online (terhubung ke internet), E-learning, dan materi-materi pelatihan. Semua itu dilakukan dengan online atau terhubung dengan internet.

2. Learning Content Management System
LCMS atau yang dikenal sebagai Learning Content Management System adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk membuat, memperbaharui, mengelola atau mempublikasikan isi dalam sebuah sistem yang teroganisir dan konsiten yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. LCMS digunakan untuk menyediakan, mengawasi, memperinci dan mempublikasikan dokumen-dokumen spesifik seperti artikel, manual operator, manual teknis, panduan penjualan dan brosur penjualan. Sebuah LCMS dapat berisi file komputer, gambar, audio, video, dokemen elektronik dan isi website.

3. Social Learning Network
SLN atau yang biasa dikenal sebagai Social Learning Network adalah sebuah jejaring social untuk pembelajaran yang terjadi pada skala yang lebih luas daripada kelompok belajar. Skala sosialnya yang lebih besar, media ini bagi sebagian peserta dapat menyebabkan perubahan sikap dan perilaku, sedangkan bagi sebagian yang lain tidak menimbulkan dampak apa-apa.


Komponen pendukung kelas maya (virtual class)
Pembelajaran dalam kelas maya atau virtual class juga harus wajib ada kompunen pendukung. keumdian di kelas maya sebaikannya anda harus memiliki lima macam komponen pendukung, untuk melengkapi pembelajaran aghar lebih mudah mari kita tinaj komponen apa saja :


  
1)  Konten untuk pembelran
kelas maya merup proses pembelran yang ditulis tanpa tatap muka atau mengajar langsung berhadap-hadapang dengan siswa anda. jadi, Untuk menjadi seorang pengajar atau pemberi materi harus memiliki komponen yang mampu menguasai konten pembelajaran. semua itu harus diubahsuaikan dengan kebutuhan dalam kelas maya yang anda ajarkan, sedangkan selanjutnya.

2)  Perangkat Keras (hardware)
perangkat keras merupakan alat yang dapat digunakan oleh siswa atau penerima bahan ajar  untuk dapat terhubung dengan pengrajar. perangkat keras yang dimaksud berupa komputer, laptop, tablet,  Notebook ataupun smartphone.

3)  Perangkat lunak (aplikasi)
Saat ini sangat banyak aplikasi yang digunakan untuk dijadiakan bahan sebagai media pembelajaran online atau kelas maya, berbagai perangkat lunak  yang dapat digun sebagai pendukung terlaksananya kelas maya. perangkat lunak yang banyak digunigunakan dalam kelas maya yaitu seperti learning management system (lms), learning content management system (lcms), dan social learning network (sln).

4)  Strategi komunikasi
strategi komunikasi atau interaksi dalam kelas maya ini menyangkut  bagaimana siswa mengikuti pembelran, mengerj tugas, sampai bagaimana cara siswa mengikuti ujian dalam kelas maya.

5)  Jaringan internet
Bagian ini adalah yang paling utama atas terlaksananya kelas maya atau virtual class yaitu jaringan internet, hukum memiliki jaringan internet dalam kelas maya merup wajib. kenapa? ya, karena hal ini dalasannya merupkan oleh segala sesuatu yang dilihat oleh siswa dan pengrajar  melalui jaringan internet


Kesimpulannya: pembelajaran kelas maya atau virtual class dan faktor pendukung pembelajaran serta bagai mana mengadakan kelas maya, kini sudah dibahas diatas namun masih  banyak kekurangn dalam penulisan oleh karen itu mohon maaf semoga artikel bisa membantu anda.

0 Comments