KOMUNIKASI DALAM JARINGAN INTERNET

 A.  KOMUNIKASI DALAM JARINGAN ( DARING - ONLINE )
Istilah komunikasi dalam jaringan mengacu pada membaca, menulis dan berkomunikasi melalui/ menggunakan jaringan computer. Komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu biasa desebut komunikasi dunia maya atau cyberspace.
Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai tahun 1960, di sebuah universitas of Hawaii yang memiliki daerah yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan computer-komputer yang tersebar di kampus tersebut.
Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet ( perangkat komunikasi pada computer ) dengan nama “ALOHA”. Di dalam Ethernet tersebut ditanam sebuah software yang didalamnya
terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut dengan nama  ARPANET  yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk saat ini sudah berkembang menjadi nama internet yang berasal dari interconnected network. Penggunaan komunikasi dalam jaringan dalam dunia pendidikan pertama kali tahun 1980-an ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan pertengahan tahun 1990 dengan munculnya word wide web.



JENIS KOMUNIKASI JARINGAN
Komunikasi mengunakan jaringan sinkron. Komunikasi dalam jaringan secara real time ( Waktu nyata ) menggunakan komputer sebagai media dengan secara langsung tanpa ada hambatan, gangguan dan tanpa adapenundaan, disebut dengan komunikasi dalam jaringan serempak/sinkron.

Sedangkan komunikasi dengan mengunakan jaringan asinkron. berkomunikasi dalam jaringan mengunakan jaringan ini biasanya ada penundaaan dan komputer sebagai medianya, disebut dengan komunikasi dalam jaringan tak serempak/asinkron. 

Komunikasi online lebih mengacu pada membaca, menulis, berbagi video kamera dan konunikasi melalui jaringan komputer secara sinkron.

Fungsi komunikasi
1. Sebagai informasi,  Komunikasi membantu proses penyampaian informasi yang diperlukan individu dan atau kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif. 

2. Sebagai kendali,  Komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.


3. Sebagai motivasi,  Komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.


4. Pengungkap emosional  Bagi sebagian komunitas, mereka memerlukan interaksi social, komunikasi yang terjadi di dalam komunitas itu merupakan cara anggota untuk menunjukkan kekecewaan dan rasa puas. Oleh karena itu, komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sosi


TUJUAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
1.  Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besarsecara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan.
2. Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengendalikan komputer dan perangkat dari jarak jauh.
3.  Penggunaan komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi
4. Memudahkan pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.


KOMPONEN PENDUKUNG KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
Hardware/perangkat keras
Perangkat yang bentuknya dapat dilihat atau diraba oleh  maunusia. contoh : komputer, headset, microphone, dan perangkat pendukung koneksi internet

Software
Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Software digunakan ebagai perantara antara perangkat keras (hardware) dengan pengguna (brainware).

Brainware
Brainware adalah pengguna software ataupun hardware untuk berkomunikasi dalam jaringan

PENERAPAN KOMUNIKASI DARING
Komunikasi daring atau komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan menggunakan internet, atau melalui dunia maya (cyberspace). Salah satu bentuk komunikasi virtual adalah pada penggunaan internet. Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti WEB, CHATTING ( mIR chat, yahoo masanger, Gtalk, dll), E-MAIL, FRIENDSTER, FACEBOOK, dan TWITTER.

Kegemaran berkomunikasi yang bermedia internet ini menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut komunitas virtual. Penggunaan jenis sarana komunikasi akan mempengaruhi keserempakan waktu komunikasi, Terdapat dua jenis komunikasi daring :

1) KOMUNIKASI DARING SINKRON (Serempak)
adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time).

Contoh komunikasi sinkron :
komunikasi sinkron. misalkan aplikasi chat (yahoo, messenger, google talk, MIRc dll), video chat ( skype, line, facetime, google+ hangout, dll ).

a.   TEXT CHAT
sebuah fitur, aplikasi, atau program dalam jaringan internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai internet yang sedang daring (yang sama-sama sedang menggunakan internet). Komunikasi text dapat mengirim pesan dengan text kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju membalas pesan text, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chating.

b.   VIDEO CHAT
merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna dilokasi yang berbeda. Video chating biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun tablet atau smartphone ( juga disebut telepon video call ).

B.   KOMUNIKASI DARING ASINKRON (Tak Serempak)
Dalam komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda.
Contoh komunikasi daring asinkron
E-MAIL, FORUM, REKAMAN SIMULASI VISUAL, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web atau yang sering diseingkat Www.

Komunikasi Melalui : Dunia Maya atau Learning Management System (LMS)

0 Comments