A. KOMUNIKASI
DALAM JARINGAN ( DARING - ONLINE )
Istilah komunikasi dalam jaringan mengacu pada membaca,
menulis dan berkomunikasi melalui/ menggunakan jaringan computer. Komunikasi
dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan
pesan dilakukan dengan melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di
dunia semu biasa desebut komunikasi dunia maya atau cyberspace.
Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai tahun 1960, di
sebuah universitas of Hawaii yang memiliki daerah yang luas dan berkeinginan untuk
menghubungkan computer-komputer yang tersebar di kampus tersebut.
Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet ( perangkat komunikasi pada computer
) dengan nama “ALOHA”. Di dalam
Ethernet tersebut ditanam sebuah software yang didalamnya
terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut dengan
nama ARPANET yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk saat ini sudah berkembang
menjadi nama internet yang berasal dari interconnected network. Penggunaan
komunikasi dalam jaringan dalam dunia pendidikan pertama kali tahun 1980-an
ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan pertengahan
tahun 1990 dengan munculnya word wide web.
JENIS
KOMUNIKASI JARINGAN
Komunikasi mengunakan jaringan sinkron. Komunikasi dalam
jaringan secara real time ( Waktu nyata ) menggunakan komputer sebagai media dengan secara langsung tanpa ada hambatan, gangguan dan tanpa adapenundaan, disebut dengan
komunikasi dalam jaringan serempak/sinkron.
Sedangkan komunikasi
dengan mengunakan jaringan asinkron. berkomunikasi dalam jaringan mengunakan jaringan ini biasanya ada penundaaan dan komputer sebagai medianya, disebut dengan
komunikasi dalam jaringan tak serempak/asinkron.
Komunikasi
online lebih mengacu pada membaca, menulis, berbagi video kamera dan konunikasi
melalui jaringan komputer secara sinkron.
Fungsi komunikasi
Fungsi komunikasi
1. Sebagai informasi, Komunikasi membantu proses
penyampaian informasi yang diperlukan individu dan atau kelompok untuk
mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan
alternatif.
2. Sebagai kendali, Komunikasi bertindak untuk
mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai
wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
3. Sebagai motivasi, Komunikasi
membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan para karyawan apa yang harus
dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk
memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.
4. Pengungkap emosional Bagi sebagian
komunitas, mereka memerlukan interaksi social, komunikasi yang terjadi di dalam
komunitas itu merupakan cara anggota untuk menunjukkan kekecewaan dan rasa
puas. Oleh karena itu, komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan
dan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sosi
TUJUAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
1. Memungkinkan
pengiriman data dalam jumlah besarsecara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan.
2. Dukungan
pengendalian jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengendalikan komputer
dan perangkat dari jarak jauh.
3. Penggunaan
komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam
hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi
4. Memudahkan
pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.
KOMPONEN
PENDUKUNG KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
Hardware/perangkat keras
Perangkat
yang bentuknya dapat dilihat atau diraba oleh
maunusia. contoh : komputer, headset, microphone, dan perangkat
pendukung koneksi internet
Software
Program
komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki.
Software digunakan ebagai perantara antara perangkat keras (hardware) dengan
pengguna (brainware).
Brainware
Brainware
adalah pengguna software ataupun hardware untuk berkomunikasi dalam jaringan
PENERAPAN
KOMUNIKASI DARING
Komunikasi
daring atau komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan
penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan menggunakan internet, atau
melalui dunia maya (cyberspace). Salah satu bentuk komunikasi virtual adalah
pada penggunaan internet. Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif
dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti WEB, CHATTING ( mIR chat, yahoo masanger, Gtalk, dll), E-MAIL, FRIENDSTER, FACEBOOK, dan TWITTER.
Kegemaran
berkomunikasi yang bermedia internet ini menimbulkan suatu komunitas baru yang
disebut komunitas virtual. Penggunaan
jenis sarana komunikasi akan mempengaruhi keserempakan waktu komunikasi, Terdapat
dua jenis komunikasi daring :
1) KOMUNIKASI
DARING SINKRON (Serempak)
adalah
komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak,
waktu nyata (real time).
Contoh komunikasi sinkron :
komunikasi
sinkron. misalkan aplikasi chat (yahoo, messenger, google talk, MIRc dll),
video chat ( skype, line, facetime, google+ hangout, dll ).
a.
TEXT
CHAT
sebuah fitur, aplikasi, atau program dalam jaringan internet
untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai internet yang
sedang daring (yang sama-sama sedang menggunakan internet). Komunikasi text
dapat mengirim pesan dengan text kepada orang lain yang sedang daring, kemudian
orang yang dituju membalas pesan text, demikian seterusnya. Itulah proses
terjadinya text chating.
b.
VIDEO
CHAT
merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan
video secara real time antara pengguna dilokasi yang berbeda. Video chating
biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun tablet atau smartphone ( juga
disebut telepon video call ).
B.
KOMUNIKASI
DARING ASINKRON (Tak Serempak)
Dalam komunikasi
menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda.
Contoh komunikasi daring asinkron
E-MAIL,
FORUM, REKAMAN SIMULASI VISUAL, serta membaca dan menulis dokumen daring
melalui World Wide Web atau yang sering diseingkat Www.
Komunikasi Melalui : Dunia Maya atau Learning
Management System (LMS)
0 Comments