A. PROPOSAL USAHA
Proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang menggambarkan semua unsur, baik internal maupun eksternal mengenai suatu usaha baru.
1. Fungsi proposal usaha
a. Representasi pengetahuan dan penguasaan bidang wirausaha yang akan dijalankan
b. Wujud perkiraan prospek usaha
c. Tolak ukur dan panduan pelaksaan kegiatan
Keuntungan yang dapat diperoleh ketika seorang wirausaha menyusun proposal usaha, antara lain :
1. Memberikan gambaran pada pihak lain tentang profil perusahaan
2. Mengundang orang-orang yang potensial untuk bergabung dan bekerja sama.
3. Memperoleh kesempatan mengembangkan usaha
4. Mengatur pembentukan kerja sama yang saling menguntungkan dengan perusahaan lain.
5. Membantu wirausaha memahami persaingan dalam faktor ekonomi dan analisis keuangan yang masuk dalam subjek proposal usaha.
6. Dapat memperoleh pinjaman maupun penyertaan modal dari investor, bank dan pihak potensial lainnya.
7. Memperjelas sumber-sumber dana pengelolaan usaha.
2. Faktor-faktor penyusunan proposal usaha
a. Tujuan arus lalu realitas
b. Fleksible/luwes
c. Batasan waktu
d. Komitmen
3. Faktor-faktor penunjang isi proposal usaha
a. Analisis situs persaingan
b. Strategi dan kebijakan
B. MENYUSUN PROPOSAL USAHA
Secara umum, proposal usaha diawali dengan analisis SWOT (strenght, weakness, opportunity, threats), yaitu analisis kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman resiko yang mungkin dihadapi.
Berikut akan dibahas mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan dalam menyusun proposal usaha.
1. Isi proposal usaha
a. Uraian usaha
b. Produk
c. Lokasi
d. Pasar
e. Persaingan
f. Laporan Keuangan
g. Manajemen
h. Personalia (Sumber daya Manusia)
i. Poposal Kredit
j. Lampiran lainnya
2. Sistemtika penyusunan proposal usaha
a. Uraian usaha
1) Latar belakang perusahaan
2) Prospek perusahaan
3) Hambatan yang dihadapi
4) Pemecahan masalah usaha
b. Produk
1) Bentuk
2) Jenis
3) Kegunaan
c. Lokasi
1) Backward linkage
2) Forward linkage
d. Pasar dan segmen pasar
1) Segman pasar bagi pemasaran produk
2) Jenis pasar yang dimasuki
3) Posisi perusahaan dalam pasar
e. Persaingan
1) Jumlah pesaing yang dihadapi
2) Strategi pemasaran dalam menghadapi pesaing
f. Laporan keuangan
1) Neraca
2) Laporan laba/rugi
3) Analisis BEP (titik pulang pokok/titik impas)
4) Sumber permodalan
g. Sumber daya manusia
1) Jumlah karyawan
2) Latar belakang pendidikan karyawan
h. Proposal kredit
1) Alokasi kebutuhan dana
2) Total kebutuhan dana
i. Lampiran
1) Surat izin usaha
2) Data penelitian pasar
3) Surat kontrak dan dokumen perjanjian lainnya
3. Penjelasan draft proposal usaha
Pada dasarnya, menurut hal-hal sebagai berikut.
a. Halaman depan, berisi nama dan alamat perusahaan beserta nama orang yang bertanggung jawab.
b. Daftara isi, secara rinci menyebutkan seluruh isi draftproposal dan nomor halamanya.
c. Rangkuman eksekutif, berisi keseluruhan usaha secara tingkat.
d. Penjelasan perusahaan, menjelaskan strategi perusahaan dan tim manajemenpengelola perusahaan.
e. Pemasaran, mendeskripsikan pasar yang dituju, besarnya potensi pasar, dan strategi serta ramalan tentang target konsumen di masa mendatang.
f. Barang dan jasa yang dihasilkan, menjelaskan jumlah, mutu, kegunaan, dan kelebihan produk.
g. Usaha meningkatkan penjualan, menjelaskan berbagai teknik promosi, tenaga penjual ataupun para perwakilan penjual di berbagai daerah yang digunakan.
h. Permodalan, merencanakan rencana permodalan dan proyeksinya, neraca pendahuluan, arus kas, dan pendapatannya.
i. Lampiran, untuk melengkapi proposal usaha, seperti akta pendiriaan, SIUP, SITU, AMDAL, maupun sertifikat tanah.
0 Comments