Inilah Agama-agama yang diakui di negara Indoesia saat ini

Bangsa indonesia adalah bangsa yang beragam, baik dari sisi suku maupun agama dan agama-agama yang diakui di indonesia yaitu : hindu, budha, Katolik, kristen protestan, Islam dan konghucu.


A.    Agma hindu
Agama ini memiliki pegangan kitab utamanya yaitu kitab suci Weda, tempat peribadatan adalah Pura dan hari besar keagamaan diantaranya : Nyepi, Saraswati, Pegerwesi, Galungan dan kuningan.
Agama hindu dikenal oleh bangsa indonesia pada zaman kerajaan kutai yang merupakan kerajaan pertama dan tertua di tanah air indonesia. Kerajaan kutai adalah kerajaan yang mayoritas masyarakatnya beragama Hindu. Berdasarkan sejarah, kerajaan kutai didirikan sekitar abad ke-4 atau pada tahun 450 M dengan raja pertamanay bernama kudungga.



                                                                      Temapat Ibadah Agama Hindu

B.     Agama budaha
Nama kitab suci agama Budha yaitu  Tripitaka
Nama pembawa agama Budaha : Sidharta Gautama
Nama tempat peribadatan agama ini : Wihara
Hari besar keagamaan : Wasiak dan katina
Awal mula agama budha diperkenalkan diindonesia  sejak zaman nenek moyang kita dulu. Apabila dilihat dari sejarah , Agama budha berkembang dan menyebar diindonesia sejak kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Sriwijaya sendiri merupakan  kerajaan yang pertama memeluk agama Budha pada saat itu diindonesia.
                                                                Tempat Ibadah Agama Budha

C.    Agama Katolik
Orang katolik juga mempunyai pegangan kita yaitu kitab suci Bible atu yang disebut juga Al-Kitab nama pembawa agama ini adalah Yesus Kristus/ Isa Almasih, nama tempat peribadatan agama katolik yaitu Gereja dan hari-hari besar yang wajib dirayakan oleh orang-orang pemeluk agama katolik yaitu Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Isa Almasih

                                                                   Tempat Ibadah Agama Katolik

D.    Kristen protestan
Pedoman kitab agama kristen protestan yang selalu dibangakan yaitu Injil atau yang selalu kita kenal juga dengan sebutan Al-Kitab, Pembawa agama ini sama halnya dengan agama  katolik yaitu Yesus Kristus atau yang tenar namanya Isa Almasih, Nama tempat peribadtan Gereja, hari-hari besar agama Kristem Protestan ialah Natal, Paskah, Kenaikan Isa Al-masih
Agama kristen ini diperkenalkan sekitar abad ke-7. Agama ini masuk ke indonesia pertama kalinya didaerah Sumatera Utara, tepatnya dikota barus atau sekarang dikenal dengan nama Sibolga.
Kristen datang ke Indonesia pada zaman penjajahan, diawali dengan kedatangan bangsa porutugis ke indonesi, agam kristen yang pertama masuk ke indonesia adalah ajaran Katolik Roma dalam catatan sejarah sekitar tahun 1534 M didaerah Maluku.
Pendiri Agama Kriten dari portugis yang bernama Fransiskus Xaverius, dia adalah misionaris katolik roma, namun sesuai dengan perkembangan perjalanan sejarah yang ada diindonesia saat itu bangsa portugis tidak lama berdiam diindonesia, hal ini karena mereka berhasil dikalahkan oleh belanda pada tahun 1605. Selanjutnya, belanda yang menguasai indonesia , termasuk dalam hal beragama, lalu belanda membawa ajaran agama kriten protestan maupun agama katolik.
Agama Kristen protestan dan Agama Katolik ini berkembang pesat  pada akhir  abad ke-20 sampai awal abad ke-21

Perkembangan agama kristen protestan dan katolik dapat diterima baik oleh masyarakat indonesia saat terjadinya pergantian penguasaan atau pindah alih kekuasaan dari presiden soekarno ke pada soeharto, hal ini karena presiden soeharto melarang aliran komunisme dan aliran ateisme berkembang diindonesia.

                                                                Tempat Ibadah agama  Kristen protestan
E.     Agama Islam
Inilah salah satu agama terpopuler diindonesia yang bahkan didunia yang menduduki peringkat pertama, dan berkat masyarakat pemeluk agama ini indonesia bisa menghirup udara yang segar tanpa adanya paksaan kan kekerasan lagi.
Peoma  agama Islam ialah kitab suci Al-Quran yang dibawakan oleh Nabi Muhammad SAW tempat peribadatan yang menjadi priritas utama yaitu Mesjid dan hari-hari besar yang wajib diperingati dan dirayakan oleh pemeluk agama Islam diantaranya, 1 Muharram, Maulid Nabi, Isra mi’raj, Nujulul Quran, Idul fitri, Idul Adha dan Hijrah.
Islam merupakan agama yang menjadi mayoritas penduduk diindonesia, perkembangan agama Ismam diindonesia dimulai dari Kerajaan Samudera Pasai yang terletak disumatera tepatnya di Aceh. Kerajaan Sasmudera pasai sendiri berdiri sekitar abad ke-13 pendiri kerajaan Samudera pasai bernama Sultan Malik Al-Salih. Selanjutnya,  Agama Islampun menyebar luas kepenjuru-penjuru di indonesia sampai sekarang.
Salah satu daerah yang terkenal sebagai daerah penyebara agama islam terbesar adalah Pulau Jawa. Perkembangan dan penyebaran agama islam diindonesia tidak terlepas dari jasa para ulama besar yang terkenal diindonesia yang dikenal dengan nama Walisongo,  walisongo dalam artian bahasa indonesia ialah Sembilan Wali
Walisongo sangat besar jasanya bagi  pemeluk agama islam diantara nama – nama walisongo itu sebagai berikut ;
a.       Sunan Gersik ( Maulana Malik Ibrahim )
b.      Sunan Ampel  ( Raden Rahmat )
c.       Sunan Giri ( Raden Paku atau Raden Ainul Yakin )
d.      Sunan Bonang ( Raden Maulan Makhdum Ibrahim )
e.       Sunan Drajat (  Raden kosim Syarifudn )
f.       Sunan Gunung Jati ( Syarif Hiddayatullah )
g.      Sunan Kudus ( Raden Ja’far Sidiq )
h.      Sunan Kalijaga ( Raden Mas Syahid )
i.        Sunan Muria ( Raden Syaid/Raden Prawoto )

Perkembangan islam diindnesia pun pada akhirnya berkembang peasat seperti sekarang saat ini, Ajaran islam mewajibkan umatnya untuk beribadah lima waktu sehari semalam setiap harinya ynag disebut dengan  Sholat Wajib, diantara Sholat Wajib yang harus dilaksanakan Shalat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Sahaat Isya.

Selain itu seluruh umut islam harus berpedoman pada kitab suci Al-Quran, Hadist dan ditambahkan para ulama dua lai yaitu Ijma dan Kiyas.
Agama Islam juga mengajarkan seluruh kebaikan dalam proses kehidupan
Ajaran kebaikan itu antara lain sebagai berikut.
a.       Ajaran ketaan kepada tuhan
b.      Ajaran kepatuhan kepada pemimpin
c.       Ajaran kecintaan terhadap bangsa dan negara
d.      Ajaran kebaikan kepada sesama manusia
e.       Ajaran kebaikan kepada lingkungan sosial
f.       Ajaran kebaikan kepada alam

                                                                 Tempat Ibadah Agama Islam ( Mesjid )
F.     Konghucu
Agama konghucu juga tidak leapas dari pedoman kitab sucinya yaitu Su Si dan Ngo King
nama agama konghucu diambil dari pembawanya sendiri yaitu Konghucu,  kelenteng adalah senagai tempaat peribadatanya, Imlek dan Cap Go Meh sebagai harai besar yang harus diryakan
perjalanan sejarah agama konghucu diindonesia dibawa oleh orang mongolia, china dan orang Tionghoa.
Maa perjallanan dan penyebara agama konghucu diindonesisterbagi menjadi dua fase yaitu fase-fase pada zaman orde baru dan fase-fase pada zaman orde reformasi.
Pada zama orde baru, penyebaran agama konghucu mempunyai kendala dan masalah serius, hal ini karena pemeluk agama ini tidak diakui keberadaannyadi indonesia pada zaman ini, selain itu ajaran agama ini juga harus meleburkan diri dengan ajaran-ajaran agama lain, seperti kristen dan budha, selainitu nama peribadatan pemeluk ahama konghucu harus diganti namanya menjadi Vihara.  Hal tersebut terjadi karena masa pemerintahan orde baru yang dipimpin oleh presiden soeharto melaran berbagai bentuk dan acara keagamaan yang dilaksanakan oleh etnis tionghoa, padahal zaman dahulu agama tionghoa mendapat pengakuan diindonesia, oleh karena itu agama ini seakan mengalamai mati suri pada zaman orde baru ini.
Sementara diera reformasi ini pemeluk agama konghucu mengalami hal yang menggembirakan, hal  ini karena saat ini pemeluk agama konghucu mendapatkan kebebasan beribadah dan mendapat pengakuan kembali oleh Negara.
Sejarah ajaran agama ternyata awal mulanya dibawa oleh eoorang yang taat beragama dan budi pekerti luhur yang bernama konghucu dilahirkan pada tahun 551 SM. Kong hucu sebenarnya terlahir dengan nama Chiang Tsai. Pada saat berusia 32 tahun, konghucu banyak menulis tentang moral, sejarah, kesusasteraan dan lain-lain.

Ajaran-ajaran penting dari agama konghucu adalah harus berakhlak baik diantaranya :
a.       Berakhlak mulia
b.      Menjaga hubungan antara manusaia dilangit dan manusia dibumi dangan baik
c.       Tetap mengingat nenek moyang, seolah-olah mereka hadir dibumi ini
d.      Menyembah keramat dan penunggu tetapi hanya yang patut disembah bukan menyembah barang-barang keramat atau penunggu yang patut disembah

Ajaran-ajaran konghucu ini lalu disebarkan oleh muridnya yang bernama Mensius hingga menyebarkan ke negeri tionghoak dengan cara menyebarkan modifikasi ala mensius, konghucu diyakini   sebagai dewa dengan falsafahnya menjadi  agama baru meskipun pada hakikatnya beliau manusia biasa.
 Berikut ini merupakan delapan pengakuan iman ( be cheng chen gui ) Agama konghucu :
a.       Sepenuh iman kepada tuahan yang maha esa ( cheng xin huang tian )
b.      Sepenuh iman menjunjung kebajikan ( cheng juen jie de )
c.       Sepenuh iman menegakan firman gemilang ( cheng li ming-ming )
d.      Sepenuh iman percaya adanya nyawa dan roh ( cheng zie gui shen )
e.       Sepenuh iman memupuk cita bakti ( cheng yang xiao shi )
f.       Sepenuh iman mengikuti genta rohani nabi kongzi  ( cheng shun mu duo )
g.      Sepenuh iman memulyakan kitab Si Shu dan Wu Jing ( Cheng qin jing shu )
h.      Sepenuh iman menempuh jalan suci (cheng xing da dao )

                                                                     Tempat Ibadah Agama Konghucu

0 Comments